Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kaempferia galanga atau yang dikenal dengan nama kencur memang tak jauh dari jenis rempah-rempah lainnya yang memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh. Sudahtahukan Anda bahwa manfaat kencur untuk kesehatan sangatlah banyak bahkan bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sangat membahayakan organ tubuh.

Terkadang sebagian besar orang memang kurang mampu memahami perbedaan kencur dengan rempah-rempah yang lainnya. Nah, Perbedaan kencur dengan rempah-rempah yang lainnya dapat dilihat dari penampakan kulit yang memiliki warna kecoklatan dengan bagian dalamnya berwarna kuning pucat sehingga sangat berbeda dengan warna kuning kunyit tentunya

Selain itu, perbedaannya dengan rempah-rempah yang lainnya yaitu dari baunya yang sangat kuat dan menyengat disertai pula dengan teksture yang lebih halus dibandingkan dengan kunyit. Ketahuilah bahwa kencur tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga bisa dikonsumsi menjadi jamu ataupun obat tradisional yang sangat mujarab.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Perlu diketahui bahwa manfaat kencur memang sangatlah banyak untuk kesehatan, bagi Anda yang belum mengetahuinya maka simak informasinya di bawah ini.

  1. Mengobati Rematik

Ketahuilah manfaat kencur untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mengobati rematik ataupun pegal linu. Cara mengobatinya yaitu bisa dijadikan sebagai obat tradisional menjadi jamu sehingga Anda bisa mengkonsumsi jamunya setiap pagi hari ataupun malam hari tentunya khasiatnya dapat langsung dirasakan yaitu tubuh menjadi lebih segar.

Atau Anda juga dapat menggunakan kencur sebagai obat rematik dengan membalutkannya di bagian tulang yang mengalami rasa ngilu. Jadi sebelumnya Anda memang harus menghaluskan terlebih dahulu kencurnya kemudian mencampurkannya dengan tepung beras dicampur air kemudian balurkan di bagian kulit yang tulangnya mengalami pegal linu.

  1. Obat batuk

Ternyata sejak dulu kencur sudah dijadikan sebagai obat untuk mengobati berbagai masalah tenggorokan terutama batuk. Dengan mengkonsumsi ramuan kencur tersebut juga bisa membuat suara Anda menjadi lebih bagus loh. Nah, cara mengkonsumsinya Anda bisa meminumnya menjadi obat tradisional.

Bagi Anda yang sudah merasakan sakit batuk berdahak berlebihan maka sebaiknya konsumsilah minuman jamu dengan bahan kencur ditambah dengan sedikit garam. Tentunya khasiatnya sudah langsung bisa Anda rasakan.

  1. Menghilangkan stres

Berikutnya manfaat kencur juga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan rasa stress, cemas, ataupun gelisah. Hal tersebut tentunya dikarenakan kencur memang menjadi obat tradisional anti depresen yang sudah dikenal khasiatnya sangat manjur. Dengan demikian maka bagi Anda yang sedang mengalami banyak masalah atau stres bisa mengkonsumsi jamu kencur.

Ketahuilah bahwa seseorang yang sedang stress memang sangat rentan sakit sehingga akan mengganggu kesehatan. Apabila Anda mengkonsumsi obat herbal kencur maka akan membantu Anda lebih rileks terhindar dari rasa gelisah dan stres yang berlebihan.

  1. Obat diare

Dengan kandungan zat anti bakteri dan zat sitotoksik ternyata memang kencur sangat mampu mengatasi dan mengobati obat diare. Bagi Anda yang memiliki sakit diare tak kunjung sembuh maka bisa mengkonsumsi jamu ataupun obat tardisional kencur.

Ataupun Anda juga bisa membalurkan kencur di bagian perut Anda sehingga sakit diare dapat disembuhkan dalam waktu singkat.

  1. Sesak Nafas

Selanjutnya, manfaat kencur yaitu dapat mengobati sakit sesak nafas yang bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Nah, ketahuilah bahwa cara pengobatan sesak nafas menggunakan kencur memang sangat mudah yaitu Anda bisa langsung balurkan parutan kencur di atas dada sehingga akan lebih membuat jalannya pernafasan menjadi lebih mudah.

Dilihat 78 kali

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *