Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

Manfaat Cincau Untuk Kesehatan

Tanaman cincau (Cyclea Barbata Miers) termasuk famili Menispermaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Cincau termasuk tumbuhan herbal yang merambat, tumbuhan liar disemak belukar atau pinggiran hutan ditempat terbuka. Batang tanaman ini berduri dan mempunyai panjang 2 meter bahkan sampai 16 meter. Daunnya berbentuk perisai, tetapi rata serta bergerigi atau berombak dan bagian bawah daun berbulu. Bunganya berwarna kuning kehijau-hijauan, sedangkan buahnya berupa buah batu yang berwarna merah. Bijinya keras dan berbentuk bulat telur. Nama lokal cincau adalah camcauh (Sunda), juju, tarawulu dan kepleng (Jawa).

Menurut penelitian, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air, sehingga daunnya menjadi padat. Selain mengandung karbohidrat, cincau mengandung sedikit cycleine, saponin, bisbenzilsokuinolin, sejenis alkaloid yang belum banyak diteliti seperti kardioplegileum, tentradine, isotentradine dan dimetil tetradine.

Cincau juga memiliki banyak kegunaan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai Pemenuh Kebutihan Gizi Ibu Hamil
    Pada umumnya, satu sajian (270 g) cincau hijau mengandung 32 kalori, 3 mg kolesterol, 190 mg sodium, 7.5 g karbohidrat, 0.5 g protein, 20mg kalsium dan 0.3 mg zat besi. Dengan kadar serat tinggi dan rendah kalori, mengkonsumsi cincau baik untuk menjaga kesehatan dan tentunya menjadi salah satu manfaat cincau untuk ibu hamil.
  2. Sebagai Obat Radang Lambung
    Kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil untuk menguatkan otot dinding lambung. Manfaat cincau untuk lambung ini dapat kita aplikasikan dengan cara mengkonsumsi rebusan daun cincau sebanyak 2 kali sehari.
  3. Sebagai Obat Diabetes Mellitus
    Daun cincau memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Jika mengkonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.
  4. Sebagai Obat Penyakit Hipertensi
    Senyawa S-S tetradine juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Ambil daun cincau beberapa lembar, remas-remas dengan air sampai menghasilkan air berwarna hijau, biarkan semalam sehingga menjadi seperti agar-agar dan keesokan harinya dapat diminum bersama dengan gula jawa/gula merah (dapat diminum 2 kali sehari).
  5. Sebagai Obat Anti Inflamasi
    Cincau mengandung zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Untuk manfaat ini, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioles pada bagian yang sakit 3 kali sehari.
  6. Sebagai Obat Demam
    Daun cincau mengandung saponin dan manfaat antioksidan yang berperan untuk menurunkan demam. Ambil rimpang (akar) cincau, bersihkan dengan air, lalu iris sampai halus kemudian direbus dengan air. Hasil air rebusan dapat diminum 2 kali sehari.
  7. Sebagai Obat Keracunan Akibat Seafood
    Senyawa antioksidan di daun cincau dapat membantu orang yang mengalami keracunan seafood. Caranya, remas 5-10 lembar daun cincau hingga air yang dihasilkan berwarna hijau. Kemudian minum ramuan ini dengan menggunakan gula jawa.
  8. Sebagai Obat Sakit Tipes
    Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Konsumsi rebusan daun cincau ini, sebanyak 3 kali sehari.

Daftar Istilah

Alkaloid Sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tetumbuhan
Antioksidan Molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain
Insulin Sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat
Menispermaceae Adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga
Saponin Jenis glikosida yang banyak ditemukan pada tumbuhan
Tokoferol Senyawa organik dengan gugus fenol yang mengalami metilasi
Dilihat 65 kali

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *