5 Manfaat Bawang Merah yang Wajib Kamu Ketahui

5 Manfaat Bawang Merah yang Wajib Kamu Ketahui

Sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan bawang merah menjadi salah satu pelengkap bumbu dapur yang dapat membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Nah, ternyata manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh juga sangatlah banyak. Hal tersebut tentunya dikarenakan bawang merah memiliki kandungan gizi yang sangatlah banyak.

Nah, kandungan gizi bawang merah bisa diketahui dari kandungan kalori yang rendah yaitu 28 gram bawang hanya mengandung 11 kalori kemudian zat gizi dalam bawang merah juga memiliki karbohidrat dan air, dilengkapi pula dengan vitamin dan mineral yaitu adalah vitamin C dan vitamin B6, dan terdapat pula mineral kromium yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Ternyata dengan mencampurkannya sebagai bumbu masakan memang tidak hanya membuat masakan menjadi lebih enak tetapi juga mampu memberikan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh, bahkan mampu mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan
Nah, ketahuilah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yang sangat banyak sebagai perannya untuk membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Ini dia seputar informasi lebih detailnya untuk Anda.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Dengan adanya kandungan histamin dalam bawang merah ternyata berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit tentunya. Nah, ketahuilah bahwa sistem kekebalan tubuh dalam bermasalah apabila terkena radikal bebas.
    Ketahuilah bahwa histamin dan kandungan gizi yang lainnya ternyata memang sangat mampu berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang mengganggu kesehatan tubuh tentunya.
  2. Dapat Mencegah kanker
    Perlu diketahui bahwa bawang merah memiliki kandungan zat quercetin yang membuat bawang merah menjadi berwarna warna merah gelap. Quercetin ini termasuk zat antioksidan yang berperan dalam melawan efek radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit kanker yang berbahaya.
    Dengan adanya kandungan zat antioksidan tersebut tentunya membuat Anda menjadi  lebih mampu  mencegah penyakit kanker usus, kanker prostas, kanker ovarium, dan jenis kanker lainnya yang berbahaya untuk tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah
    Ternyata dengan adanya kandungan zat quercetin juga sangat berperan dalam menurunkan tekanan darah yang memang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu maka manfaat bawang merah memang sangat bagus untuk mencegah penyakit yang bisa ditimbulkan dari tekanan darah tinggi.
    Bagi Anda yang mengalami permasalahan tekanan darah tinggi maka sebaiknya mengkonsumsi bawang merah dalam campuran masakan ataupun dengan olahan lainnya sesuai dengan selera.
  2. Membantu menormalkan kadar gula darah
    Berikutnya manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh yaitu bisa membantu Anda yang memiliki kadar gula darah cukup tinggi. Bagi Anda yang memiliki kadar gula tinggi pastinya dapat mengakibatkan diabetes yang sangat mengganggu kesehatan.
    Oleh karena itu, sebaiknya Anda memang mengurangi kadar gula darah dengan mengkonsumsi bawang merah. Sebagai penyakit yang tergolong berbahaya ternyata dapat diobati dengan bawang merah yang memiliki kandungan zat antioksidan sangat tinggi.
  3. Menurunkan kolesterol tubuh
    Dengan kandungan zat antioksidan dan zat bioaktif ternyata memang sangat berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol yang tinggi memang dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya karena organ tubuh tidak dapat bekerja semestinya.
    Tentunya dengan mengkonsumsi bawang merah maka kadar kolesterol menjadi lebih menurun sehingga kesehatan Anda memang akan lebih terjaga tentunya. Hal tersebut pastinya dikarenakan dengan tingkat kolesterol yang rendah maka bisa membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga.
Dilihat 25 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *